Berita

HPL BERIKAN APRESIASI PELAKSANAAN W20 SEBAGAI WADAH UMKM PEREMPUAN

Summary

Wakil ketua DPD PDIP Jatim, Hari Putri Lestari SH, MH atau yang biasa disebut HPL ini mengungkapkan kegembiraannya saat menghadiri peringatan Hari Perempuan Internasional di kota Batu, Malang.  Perhelatan Akbar yang dihadiri oleh tokoh-tokoh internasional ini memberikan banyak pengalaman dari […]

Wakil ketua DPD PDIP Jatim, Hari Putri Lestari SH, MH atau yang biasa disebut HPL ini mengungkapkan kegembiraannya saat menghadiri peringatan Hari Perempuan Internasional di kota Batu, Malang. 

Perhelatan Akbar yang dihadiri oleh tokoh-tokoh internasional ini memberikan banyak pengalaman dari 20 negara. 

Momen yang dikenal sebagai W20 juga melibatkan pelaku UMKM. Karena itu, HPL memberikan apresiasi kepada walikota Batu, Dewanti Rumpoko.

“Peringatan Hari Perempuan Internasional di Kota Batu ini, tempat pelaksanaan Internasional Women 20, dalam Presidensi G20 Indonesia 2022, ada empat tema besar yang diangkat, yakni mendorong kesetaraan, keamanan, dan kesejahteraan dengan menghapus diskriminasi yang menghambat partisipasi perempuan dalam perekonomian,” 

terang anggota DPRD provinsi Jatim ini.

HPL menjelaskan bahwa di acara tersebut berbagai informasi yang terkait dengan UMKM dibahas dengan gamblang. 

“Untuk mencapai inklusi ekonomi dengan mendukung UMKM yang dimiliki dan dikelola oleh perempuan, mengatasi kerentanan untuk meningkatkan ketahanan yang fokus pada perempuan penyandang disabilitas dan perempuan pedesaan, serta kesehatan yang adil secara gender,” sambung Anggota komisi E ini.

HPL menyebutkan bahwa misi utama W20 adalah untuk mempengaruhi komitmen tingkat tinggi pada pemberdayaan perempuan dan kesetaraan, untuk agenda perempuan di G20, menempatkan isu perempuan di pusat diskusi global di jalur pemulihan ekonomi pasca-COVID 19.

“Tema  pertemuan di Kota Batu ini adalah UMKM milik perempuan,  kunci pertumbuhan inklusif. Salut pada Peran walikota Ibu Dewanti Rumpoko, walikota perempuan pertama di kota Batu yang berupaya memberi dukungan maksimal pada pelaku UMKM perempuan, dan memanfaatkan potensi alam kota Batu sebagai kota wisata yang sangat menarik,” pungkasnya.(Yul)