Berita

Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan Tubuh

Summary

Berolahraga merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan apabila kita ingin memiliki badan yang sehat. Hanya saja, keterbatasan waktu dan rasa malas membuat kita sering tidak berolahraga. Bagi yang tidak memiliki waktu, melakukan aktivitas fisik dapat dijadikan alternatif sebagai pengganti […]

Berolahraga merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan apabila kita ingin memiliki badan yang sehat. Hanya saja, keterbatasan waktu dan rasa malas membuat kita sering tidak berolahraga.

Bagi yang tidak memiliki waktu, melakukan aktivitas fisik dapat dijadikan alternatif sebagai pengganti olahraga. Aktivitas fisik tersebut bisa dilakukan secara mudah dimana saja, termasuk di rumah.

Diantara banyaknya aktivitas fisik pengganti olahraga, naik turun tangga termasuk yang paling mudah dilakukan. Kita dapat melakukannya di berbagai fasilitas umum, seperti kantor, jembatan penyebrangan, pusat perbelanjaan, maupun sekedar naik turun tangga di rumah.

Manfaat Naik Turun Tangga bagi Kesehatan Tubuh

Secara umum, terdapat beberapa manfaat naik turun tangga bagi kesehatan tubuh yang dapat dirasakan bagi orang yang rajin melakukannya. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya:

1. Menguatkan otot dan tulang

Saat kita naik turun tangga, otot dan tulang ikut bergerak secara aktif. Mulai dari otot kaki, paha, lengan, hingga bagian punggung, seluruhnya bergerak secara aktif mengikuti pergerakan naik turun tangga.

Pergerakan tubuh saat naik turun tangga tersebut membuat otot dan tulang menjadi lebih sehat dan kuat. Kepadatan tulang pun akan meningkat secara bertahap sehingga mencegah timbulnya resiko gangguan tulang seperti osteoporosis.

2. Menguatkan organ tubuh jantung dan paru-paru

Naik turun tangga dapat membuat detak jantung berubah menjadi lebih cepat. Hal ini membuat aktivitas fisik tersebut dikategorikan sebagai olahraga kardio yang dapat memperkuat jantung.

Selain aliran darah ke jantung, aliran oksigen ke seluruh tubuh juga menjadi lebih lancar saat kita naik turun tangga. Tidak heran apabila paru-paru juga menjadi lebih sehat.

Alhasil, kita akan akan terhindar dari resiko gangguan penyakit seperti sakit jantung maupun hipertensi.

3. Menurunkan berat badan

Saat kita melakukan aktivitas fisik secara rutin seperti naik turun tangga, kita dapat membakar kalori yang ada dalam tubuh. Menurut penelitian, saat kita menuruni satu tangga, kita telah membakar 0,05 kalori yang ada pada tubuh.

Naik turun tangga secara intens juga memiliki manfaat yang sama seperti kita sedang senam aerobik. Tidak heran apabila salah satu manfaat naik turun tangga yakni menurunkan berat badan.

Agar tubuh sehat dengan bonus penurunan berat badan dapat tercapai, sebaiknya kita meluangkan waktu paling tidak 30 hingga 60 menit sehari untuk naik turun tangga.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat naik turun tangga lainnya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan aktivitas fisik rutin tersebut membuat metabolisme tubuh menjadi lancar. Tubuh akan menjadi lebih bugar dengan naik turun tangga secara intens.

Selain tubuh menjadi lebih bugar, aktivitas ini juga dapat membantu mengurangi resiko jatuh maupun cedera.

5. Menjaga kesehatan mental

Saat kita melakukan berbagai jenis olahraga maupun aktivitas fisik, tubuh akan melepaskan lebih banyak hormon endorfin. Hormon ini merupakan hormon yang diketahui dapat meningkatkan suasana hati.

Begitu pula saat kita naik turun tangga, produksi hormon endorfin akan lebih banyak. Tidak heran jika kita akan merasa lebih bugar dan juga bahagia.

6. Membuat tidur lebih nyenyak

Setelah melakukan olahraga maupun aktivitas fisik, tubuh akan merasa lelah. Tubuh yang lelah akan membuat kita lebih mudah tertidur. Tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa tidurnya lebih nyenyak setelah melakukan aktivitas fisik.

Hal inilah yang membuat aktivitas fisik seperti naik turun tangga secara rutin dapat mengatur pola tidur menjadi lebih baik. Tidur akan lebih nyenyak dan kita akan terhindar dari gangguan insomnia.

Demikian tadi beberapa manfaat naik turun tangga yang dapat kita rasakan jika dilakukan secara rutin.

Selain termasuk aktivitas fisik yang dapat dilakukan dimana saja, naik turun tangga juga tidak memerlukan perlengkapan khusus. Hanya saja, kita perlu memilih sepatu yang tepat agar lebih nyaman saat memilih naik turun tangga sebagai aktivitas fisik rutin.

Dengan pemilihan sepatu yang tepat, kita juga akan terhindar dari resiko cedera maupun lecet kaki. Salah satu diantara jenis sepatu yang nyaman untuk aktivitas fisik yakni sepatu Eiger.

Aktivitas naik turun tangga akan lebih nyaman dengan koleksi sepatu dari Eiger. Tunggu apalagi? Jadikan tubuh menjadi lebih sehat dengan aktivitas fisik naik turun tangga bersama sepatu Eiger.