Berita Kesehatan Tips Trik

Tips Isolasi Mandiri Saat Virus Corona Menyerang Ala SehatQ!

Summary

  Ketika mengalami gejala virus Corona dengan gejala yang ringan maka anda diwajibkan untuk melakukan isolasi Mandiri. Anda tidak boleh menyepelekan gejala ringan yang menyerang seperti misalnya batuk, demam, hingga nyeri yang terjadi di tubuh. Gejala ini bisa menjadi indikasi […]

 

Ketika mengalami gejala virus Corona dengan gejala yang ringan maka anda diwajibkan untuk melakukan isolasi Mandiri. Anda tidak boleh menyepelekan gejala ringan yang menyerang seperti misalnya batuk, demam, hingga nyeri yang terjadi di tubuh. Gejala ini bisa menjadi indikasi Anda terpapar virus Covid-19.

Anda yang wajib melakukan isolasi Mandiri di rumah maka harus tahu langkah-langkahnya.  Berikut ini beberapa tips dan langkah isolasi mandiri.

1. Tetap Berada Dirumah

Anda yang sedang isolasi Mandiri maka tidak boleh keluar rumah. Pastikan anda hanya keluar rumah ketika akan mendapatkan pertolongan medis. Harus beristirahat di rumah dengan minum air putih dan mengkonsumsi obat rekomendasi dari dokter dan juga makan makanan yang bergizi.

2. Jauhkan Diri Dari Orang Dan Hewan Peliharaan

Isolasi mandiri maka membuat Anda harus terkurung jauh dari jangkauan orang lain bahkan hewan peliharaan tidak boleh ikut bersama. Anda juga wajib menggunakan kamar mandi dan ruang terpisah dengan orang lain.

3. Konsultasi Kesehatan Secara Online

Selanjutnya anda perlu tindakan adanya perawatan medis darurat ketika gejala virus Corona yang muncul adalah kesulitan bernapas dan nyeri di dada. Gejala seperti ini merupakan gejala yang bisa membuat serangan virus semakin berat.

Anda bisa lakukan konsultasi online untuk mendapat tindakan medis lanjutan. Infokan secara rinci kondisi gejala yang anda derita.

4. Pakai Masker

Jika dalam keadaan darurat dan Anda harus terpaksa bertemu dengan orang lain atau hewan peliharaan maka harus menggunakan masker bahkan saat sendirian di ruangan. Ketika batuk, Anda harus menutupinya dengan jaga jarak minimal 2 m dari orang lain.

5. Bersihkan Tangan Selalu.

Saat Anda harus isolasi Mandiri maka sebaiknya sesering mungkin membersihkan tangan. Anda harus bersihkan tangan minimal selama 20 detik. Jika tidak memungkinkan penggunaan sabun dan air mengalir maka bisa mengandalkan 60% alkohol. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut ketika tangan anda belum dibersihkan.

6. Bersihkan Semua Permukaan Yang Disentuh

Perlu diketahui bahwa Anda harus rajin bersih-bersih saat isolasi Mandiri dan sebaiknya gunakan desinfektan rumah tangga. Anda wajib bersihkan semua permukaan yang disentuh dan sebaiknya gunakan sarung tangan sekali pakai. Bersihkan area yang pernah disentuh tersebut menggunakan sabun dan air atau deterjen jika memang bagiannya kotor. Anda wajib menyediakan tisu, handuk kertas, pembersih dan cairan disinfektan.

7. Cuci Baju Dan Keringkan Cucian Secara Mandiri

Sebisa mungkin jika masih kuat maka anda harus mencuci baju sendiri lalu keringkan secara mandiri. Hal ini memang karena mencampur pakaian kotor yang anda yang sedang terserang virus Corona dengan baju orang lain sangat membahayakan.

Virus tentu saja bisa berkembang dengan cara ini. Untuk mencuci pakaian Anda bisa gunakan sarung tangan sekali pakai lalu cuci dengan air paling hangat dan jangan lupa cuci tangan setelah mencuci. Wajib keringkan pakaian di bawah sinar matahari Jangan lupa bersihkan keranjang pakaian dengan disinfektan dan cuci tangan lagi setelahnya.

Itu tadi beberapa tips dan langkah ketika anda diharuskan melakukan isolasi mandiri. Isolasi Mandiri merupakan langkah tepat ketika anda terjangkit virus corona demi menyelamatkan kesehatan orang lain terutama keluarga yang ada di rumah.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Corona yang menyerang, maka Anda bisa kunjungi direktori penyakit dari SehatQ. Di SehatQ terdapat informasi lebih lengkap mengenai Covid-19. Mulai dari gejala, penyebab hingga proses penyembuhan virus.