Kesehatan

Jaga Kesehatan dengan Memahami Waktu yang Tepat untuk Olahraga Bagi Lansia

Summary

Waktu yang tepat untuk olahraga mungkin bagi setiap orang berbeda-beda, tergantung waktu dan kebutuhan masing-masing orang tersebut. Apalagi bagi lansia yang kemampuannya sudah sedikit menurun untuk melakukan olahraga berat. Dengan demikian, lansia membutuhkan olahraga dengan tingkat kesulitan yang rendah dan […]

Waktu yang tepat untuk olahraga mungkin bagi setiap orang berbeda-beda, tergantung waktu dan kebutuhan masing-masing orang tersebut. Apalagi bagi lansia yang kemampuannya sudah sedikit menurun untuk melakukan olahraga berat.

Dengan demikian, lansia membutuhkan olahraga dengan tingkat kesulitan yang rendah dan waktu yang tepat. Namun, bukan berarti lansia tidak perlu lagi melakukan olahraga karena olahraga itu banyak manfaatnya.

Manfaat Olahraga bagi Lansia

Melakukan olahraga sudah pasti membuat badan menjadi sehat selalu, maka harus dilakukan secara rutin. Jika Anda ingin mengetahui manfaat olahraga ini bagi para lansia yang tenaganya tidak semaksimal generasi muda.

Apa saja manfaat tersebut? Diantaranya adalah dapat melancarkan peredaran darah, menguatkan otot dan sendi yang sudah melemah.

Selain itu, olahraga dengan porsi yang pas akan dapat meminimalisir risiko penyakit yang disebut kardiovaskuler (jantung, stroke dan diabetes). Gerakan tertentu juga dapat menanggulangi stress dan depresi, mengurangi risiko pikun serta menjaga kestabilan fungsi dan kesehatan otak dari penurunan akibat faktor usia.

Terbukti banyak sekali manfaat yang sangat dibutuhkan bagi tubuh para lansia, maka diperlukan pengaturan waktu yang tepat untuk olahraga dengan sebaik-baiknya.

Variasi Jenis Olahraga Khusus Lansia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa lansia tidak bisa dipaksakan untuk melakukan olahraga yang terlalu berat. Harus disesuaikan dengan kemampuan otot dan tenaganya, agar tidak terjadi cedera ataupun malah memperburuk kesehatan. Ada beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan oleh lansia, diantaranya adalah sebagai berikut.

1.     Jalan Santai

Bagi lansia, berjalan santai sudah merupakan sebuah olahraga yang bisa bermanfaat bagi tubuh tapi tidak harus membuat otot cedera.

2.     Bersepeda

Selain jalan, ada lagi jenis olahraga bersepeda yang masih bisa dilakukan oleh lansia. Yang terpenting bersepeda pun tidak dengan jarak yang terlalu jauh, yang diutamakan adalah bergeraknya semua otot pada tubuh untuk bisa membuat semua yang ada di tubuh Anda menjadi lancar.

3.     Latihan Keseimbangan

Karena permasalahan lansia adalah kurangnya keseimbangan seperti anak-anak, maka yang dibutuhkan adalah olahraga melatih keseimbangan. Seperti berjalan jinjit, atau berdiri satu kaki sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

4.     Yoga

Yang terakhir adalah jenis olahraga yoga, dimana ini adalah jenis olahraga meditasi yang bisa menyeimbangkan jasmani dan rohani.

Untuk itu, ada beberapa tips bagi lansia agar bisa melakukan olahraga dengan baik. Yaitu, lakukan perlahan dan dengan cara bertahap, diawali pemanasan dan diakhiri pendinginan, sesuaikan olahraga dengan kemampuan, pantau progress kemajuan setalah melakukan olahraga, konsultasi dokter untuk yang baru sembuh dari sakit serta pilih waktu yang tepat untuk olahraga.