Uncategorized

Ketahui 5 Jenis Laporan Keuangan Perusahaan yang Sering Digunakan

Summary

Laporan keuangan perusahaan merupakan laporan yang isinya memuat segala hal mengenai keuangan atau finansial dari suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu. Laporan keuangan sangat penting bagi sebuah perusahaan atau lembaga lainnya. Dari laporan tersebut, pihak perusahaan dapat melihat perkembangan kondisi […]

Laporan keuangan perusahaan merupakan laporan yang isinya memuat segala hal mengenai keuangan atau finansial dari suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu. Laporan keuangan sangat penting bagi sebuah perusahaan atau lembaga lainnya. Dari laporan tersebut, pihak perusahaan dapat melihat perkembangan kondisi keuangan secara menyeluruh.

Informasi yang terdapat di dalam laporan keuangan perusahaan sangat berguna bagi investor, pemilik serta jajaran manajemen atau pihak yang berkepentingan di perusahaan. Bagi investor misalnya, mereka akan menggunakan laporan keuangan untuk menentukan kebijakan yang diambil selanjutnya.

Apabila di dalam laporan keuangan pendapatan perusahaan tidak mengalami peningkatan, maka investor akan berpikir ulang untuk menanam modalnya. Jadi, dengan adanya laporan keuangan, investor dan pihak perusahaan bisa melakukan analisa finansial untuk mencegah kerugian.

Laporan keuangan perusahaan adalah informasi yang sangat penting bagi perusahaan. Dokumen ini akan menentukan arah perusahaan ke depannya. Perusahaan akan menjadi lebih maju dan berkembang.

Arah perusahaan menjadi lebih maju jika pihak-pihak yang berkepentingan di dalamnya dapat menganalis laporan keuangan dengan sangat baik. Jadi, laporan ini tidak boleh disusun secara sembarangan. Perlu ketelitian dan kecermatan dalam membuatnya. Jika perlu, bisa melihat contoh laporan keuangan perusahaan terbaik.

Jenis Laporan Keuangan Perusahaan yang Digunakan Mayora dan Perusahaan Lainnya

Perusahaan Mayora kini menjadi perusahaan yang bergerak pada produksi biskuit, makanan, dan biskuit terkenal di Indonesia bahkan dunia. Mayora menjadi perusahaan yang perkembangannya cukup pesat dari tahun ke tahun.

Laporan keuangan Mayora menunjukkan bahwa perusahaan mempunyai kondisi finansial yang baik. Penyusunan dan analisis laporan yang sangat baik memiliki imbas yang positif bagi perusahaan. Jenis laporan keuangan Mayora sama dengan umumnya. Setiap perusahaan pasti menggunakan 5 jenis laporan keuangan berikut ini:

1.      Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang menginformasikan keuntungan atau kerugian sebuah perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Di dalam laporan ini juga dimuat informasi mengenai laporan tentang pajak sebuah perusahaan.

Secara umum, fungsi dari laporan laba rugi adalah untuk mengevaluasi keuangan perusahaan selama periode waktu tertentu. Para pemangku kebijakan perusahaan akan menggunakannya sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.

2.      Laporan Perubahan Modal

Di dalam laporan jenis kedua ini, mencantumkan beberapa informasi mengenai jumlah untung-rugi bersih dalam jangka waktu tertentu, modal awal, besar dana atau modal yang diambil oleh pemilik perusahaan, dan terkadang juga informasi jumlah bagi hasil yang investor terima.

Laporan perubahan modal sangat penting sekali bagi investor. Para investor dapat menganalisa perubahan modal di perusahaan tempat mereka menanamkan modalnya. Laporan perubahan modal disusun setelah pembuatan laporan laba rugi selesai.

3.      Laporan Neraca

Laporan neraca menampilkan informasi mengenai laporan keuangan perusahaan secara rinci. Informasi yang tercantum di dalam laporan neraca antara lain modal perusahaan, aset aktiva dan pasiva, dan kewajiban perusahaan.

4.      Laporan Arus Kas

Fungsi utama dari laporan arus kas yaitu untuk menginformasikan keluar dan masuknya aliran kas sebuah perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Aliran arus kas yang dilaporkan adalah dari investasi, operasional, dan aktivitas finansial.

5.      Catatan Laporan Keuangan

Catatan laporan keuangan adalah laporan finansial sebuah perusahaan yang disajikan secara lebih lengkap dan mudah dipahami. Laporan ini mempunyai fungsi yang sama pentingnya dengan 4 jenis laporan keuangan lainnya.

Laporan keuangan perusahaan memegang peranan yang sangat penting. Sebuah perusahaan dapat mengevaluasi kinerjanya berdasarkan laporan keuangan yang dibuat selama periode tertentu.

Perusahaan sebesar Mayora juga menjadikan laporan keuangan Mayora untuk menentukan keputusan yang akan diambil. Tanpa laporan keuangan, mustahil sebuah perusahaan dapat berkembang ke arah yang lebih baik.