Bisnis

Manfaat Dari Aplikasi Stock Barang Untuk Maksimalkan Keuntungan

Summary

 Mengelola usaha, terlebih dalam bidang retail/toko, menjadikan ketersediaan stock barang menjadi hal yang sangat penting Jika selama ini Anda terlalu fokus pada kegiatan promosi dan bagaimana produk supaya laku keras, maka Anda harus waspada dengan hal tersebut. Karena jika anda […]

 Mengelola usaha, terlebih dalam bidang retail/toko, menjadikan ketersediaan stock barang menjadi hal yang sangat penting Jika selama ini Anda terlalu fokus pada kegiatan promosi dan bagaimana produk supaya laku keras, maka Anda harus waspada dengan hal tersebut. Karena jika anda mengabaikan masalah stock maka bisa mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit. Tanpa jaminan adanya ketersediaan barang maka transaksi jual beli tidak bisa dilakukan. Yang terburuk adalah Anda bisa kehilangan peluang mendapatkan profit.

Manfaat Pengelolaan Barang

Mengelola stock barang tidak hanya sekedar menerima barang dari supplier kemudian Anda menyimpannya hingga barang tersebut terjual. Karena itu pengelolaan stock barang perlu diperhatikan untuk mempermudah jalannya operasional usaha. Adapun manfaat melakukan pengelolaan barang adalah:

  1. Terpenuhinya Ketersediaan Barang. Dengan terpenuhinya ketersediaan barang, maka usaha Anda tidak akan kehilangan peluang untuk mendapatkan keuntungan. Saat permintaan konsumen tinggi, Anda tidak perlu khawatir karena memiliki persediaan yang memadai sehingga dapat memenuhi permintaan konsumen. Dengan demikian konsumen akan semakin loyal pada usaha Anda.
  2. Memantau tren pasar. Dengan menyesuaikan prediksi permintaan atau tren pasar, maka akan mempermudah perputaran barang sehingga barang tidak menumpuk. Pengelolaan jumlah stock barang ini juga akan menekan besarnya modal yang dikeluarkan serta memperkecil resiko kerugian akibat kerusakan barang karena terlalu lama disimpan.
  3. Menjaga kestabilan operasional usaha, kebutuhan konsumen terpenuhi dan menjaga fluktuatif harga pasar.

Manfaat Pencatatan Stock Barang

Pengelolaan stock barang yang baik dapat dilakukan dengan sistem pencatatan. Untuk usaha kecil biasanya sistem pencatatan dilakukan secara manual. Pencatatan stock ini bermanfaat untuk:

  1. Mendapatkan informasi yang akurat terkait dengan nilai dan posisi persediaan. Ini akan sangat berguna untuk mengambil keputusan tentang jumlah dan waktu persediaan untuk memenuhi kebutuhan usaha Anda
  2. Menjamin keamanan persediaan dari kemungkinan kesalahan stock, kerusakan, penyelewengan, dsb
  3. Kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi karena sistem persediaan dikelola dengan baik

Pencatatan stock barang ini dapat dilakukan secara manual atau komputerisasi. Namun, pencatatan secara manual seringkali menimbulkan masalah, seperti adanya selisih jumlah barang. Ketidakakuratan data ini tentunya akan menimbulkan kerugian usaha.

Aplikasi Stock Barang

Saat ini sudah banyak pelaku usaha yang menggunakan komputer dengan dukungan aplikasi inventory atau aplikasi stock brang untuk mengelola persediaan barang. Dengan demikian maka pencatatan mutasi dari tiap jenis persediaan yang ada digudang dapat dilakukan dengan mudah, meminimalkan resiko human error saat input data, dan pengawasan oleh manajeman dapat dengan mudah dilakukan sehingga mengurangi resiko hilangnya barang.

Sistem ini terintegrasi dengan sistem penjualan, retur penjualan, pembelian, dan retur pembelian. Keberadaan aplikasi tersebut juga sangat membantu pengusaha dalam hal memonitor pembukuan, mengingat semuanya dilakukan dengan otomatis.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Stock Barang

Penggunaan aplikasi stock barang memberikan banyak kelebihan, seperti:

  1. Harga otomatis terdeteksi. Dengan menggunakan barcode maka harga barang akan otomatis ditampilkan.
  2. Otomatis mengurangi stock, setiap barang yang terjual di kasir secara otomatis akan mengurangi stock.
  3. Terintegrasi dengan laporan penjualan. Laporan penjualan akan otomatis terbentuk tanpa perlu melakukan rekap secara manual. Laporan penjualan dapat dibuat sesuai kebutuhan, misalnya per barang laku, penjualan harian, atau bulanan.
  4. Laporan pembelian ke supplier akan terbuat secara otomatis.

Apapun jenis usaha yang Anda tekuni, baik itu dibidang retail, fashion, apotek, atau kuliner tidak bisa dipisahkan dari sistem pengelolaan stock. Pengelolaan stock yang selama ini dianggap complicated, kini semakin mudah dilakukan dengan adanya dukungan aplikasi stock barang atau aplikasi inventory yang memudahkan karyawan Anda melakukan pencatatan dan bagi owner dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.