Berita

Asuransi Kesehatan: Aku penting!

Summary

Apakah aset yang paling berharga untuk kita jaga? Jawabannya ialah kesehatan. Harta yang melimpah tidak bisa membeli dua hal yakni kebahagiaan dan kesehatan. Kesehatan yang kita miliki akan datang bersama kebahagiaan. Maka, untuk menjaga aset berharga tersebut kita perlu memberikan […]

Apakah aset yang paling berharga untuk kita jaga? Jawabannya ialah kesehatan. Harta yang melimpah tidak bisa membeli dua hal yakni kebahagiaan dan kesehatan. Kesehatan yang kita miliki akan datang bersama kebahagiaan. Maka, untuk menjaga aset berharga tersebut kita perlu memberikan perlindungan berupa asuransi kesehatan. Dengan perlindungan atau jaminan yang didapat dari asuransi kesehatan, maka kita tidak perlu khawatir ketika sakit tiba-tiba menyerang. Sudah saatnya kita paham akan pentingnya asuransi kesehatan bagi kita dan keluarga.

Secara umum, membeli asuransi kesehatan sama artinya dengan kita membeli perlindungan terhadap resiko gangguan kesehatan. Resiko gangguan kesehatan tersebut berupa pertanggungan biaya perawatan atau pengobatan jika terjadi hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Jadi, saat dikemudian hari kita mengalami sakit maka biaya perawatan atau pengobatannya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Biaya yang ditanggung asuransi bisa semua ataupun sebagian.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita diwajibkan membayar premi. Premi adalah sejumlah uang yang harus kita bayar sebagai kewajiban dari keikutsertaan kita di asuransi. Premi bisa dibayarkan setiap bulan atau langsung setahun. Besaran biaya premi bervariasi sesuai dengan manfaat yang ditawarkan.

Hal-hal yang perlu kita ketahui tentang asuransi kesehatan

1.     Cakupan perlindungan

Setiap perusahaan asuransi memiliki cakupan perlindungan yang berbeda-beda. Ada yang memberikan perlindungan berupa biaya rawat inap saja, rawat inap dan rawat jalan, ataupun biaya untuk penyakit kritis. Ada pula perusahaan asuransi yang memberikan perlidungan berupa perawatan di dalam negeri dan atau perawatan di luar negeri.

Manfaat-manfaat tersebut tergantung dari jenis asuransi yang kita ambil serta besaran premi yang kita bayarkan. Kita harus bisa mempertimbangkan kebutuhan asuransi yang diperlukan. Kita tidak boleh langsung setuju dengan saran yang diberikan oleh agen asuransi. Yang tahu kebutuhan kita adalah kita sendiri. Saran dari orang lain memang perlu namun yang mengambil keputusan akhir adalah kita sendiri.

2.     Proses Klaim

Saat kita sakit, ada perusahaan asuransi yang langsung membayar biaya berobat atau perawatan kita. Jenis asuransi ini dinamakan dengan asuransi cashless. Istilah cashless berarti cara pembayaran asuransi secara langsung. Untuk tagihan dari rumah sakit secara otomatis dilunasi atau dibayar sebagian oleh pihak asuransi. Untuk cara klaim ini, kita cukup menunjukkan kartu keanggoataan asuransi kita ke pihak rumah sakit. Nanti pihak rumah sakit akan mengkonfirmasi ke perusahaan asuransi. Setelah proses konfirmasi, perusahaan asuransi akan membayar biaya perawatan yang termasuk dalam cakupan perlindungan.

Proses klaim yang kedua disebut dengan reimburse. Arti dari istilah ini adalah cara pembayaran asuransi berupa penggantian dana. Saat kita saat, kita harus membayar biasa berobat atau perawatan terlebih dahulu ke pihak rumah sakit. Setelah itu baru kemudian pihak asuransi akan mengganti biaya yang telah keluarkan tersebut. Secara sederhananya, kita memberikan biaya talangan t

3.     Jenis Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi kesehatan yang umum di Indonesia terdapat dua kategori, yaitu asuransi konvensional/syariah dan asuransi tradisional/unitlink.

1. Asuransi Konvensional atau Syariah

Asuransi konvensional merupakan asuransi umum yang kita kenal. Skema dari asuransi ini ialah kita membeli jaminan/perlindungan terhadap potensi  gangguan kesehatan yang mungkin saja terjadi dalam periode waktu tertentu.

Sedangkan untuk asuransi syariah mengikuti prinsip syariah. Prinsip ini berupa usaha untuk saling melindungi dan membantu antar sesama nasabah.  Proses membantu tersebut melalui investasi dalam bentuk aset yang bisa dicairkan berupa bantuan dana kepada pihak yang membutuhkan bantuan.

2. Asuransi Tradisional atau Unitlink

Asuransi tradisional memberikan jaminan perlindungan terhadap resiko tertentu di masa depan. Pada umumnya, premi yang kita bayarkan akan hangus jika tidak terjadi resiko apapun di masa depan. Sedangkan untuk asuransi unitlink merupakan gabungan dari asuransi dan investasi. Premi yang kita bayarkan sebagian akan digunakan untuk membayar jaminan/perlindungan kesehatan dan sebagian lagi digunakan untuk investasi.

Tips Sebelum Mengambil Asuransi Kesehatan

Kita harus paham cara untuk mendapatkan manfaat dari asuransi dan tidak tertipu dengan oknum perusahaan asuransi yang curang. Berikut beberapa tips sebelum mengambil asuransi kesehatan:

1.     Pilih asuransi yang memiliki kredibilitas tinggi

Untuk mengetahui seberapa baik reputasi perusahaan asuransi, kita bisa mencarinya lewat internet. Kita bisa mencari informasi lewat media sosial atau berita daring. Kalau kita teliti, kita bisa secara mudah menemukan perusahaan-perusahaan asuransi yang sering mendapatkan masalah atau keluhan dari nasabahnya. Untuk perusahaan asuransi yang baik merupakan asuransi yang sedikit mendapatkan keluhan dari nasabah serta sering mendapatkan komentar baik di media sosialnya. Selain itu, perusahaan asuransi yang baik harus memiliki izin usaha resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk mencari asuransi yang terbaik, kita bisa memanfaatkan asuransi lifepal. Memanfaatkan #asuransi-lifepal akan menjadi nilai tambah dengan lima keunggulan. Pertama, asuransi lifepal merekomendasikan asuransi yang memberikan perlindungan/jaminan yang lengkap dan limit asuransi yang tinggi namun dengan biaya premi yang terjangkau. Kedua, Asuransi lifepal bekerjasama dengan banyak perusahaan asuransi terbaik. Melalui asuransi lifepal kita lebih mudah membandingkan perusahaan asuransi yang satu dengan yang lainnya. Ketiga, proses yang ditawarkan praktis dan mudah bagi pemula seperti kita. Keempat, layanan yang disediakan gratis dari proses pembelian sampai klaimnya. Kelima, asuransi lifepal memberikan beragai pilihan pembayaran serta diskon harga terbaik.

2.     Pilih agensi asuransi yang dapat dipercaya

Kita harus memilih agen asuransi yang dapat dipercaya atau lebih baiknya kita kenal. Hal ini bertujuan agar memudahkan kita ketika ingin mengajukan klaim perlindungan. Agen asuransi yang baik adalah agen yang selalu siap sedia ketika kita butuhkan.

3.     Tentukan kebutuhan asuransi

Asuransi yang sebaiknya kita pilih ialah yang sesuai dengan jenis perlindungan yang kita butuhkan. Kita bisa memilih jenis perlindungan rawat inap saja, penyakit kronis, ataupun perlindungan pengobatan di luar negeri. Hal itu semua tergantung dari kita sendiri. Kita tidak boleh mengambil jenis asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Melalui asuransi lifepal kita bisa melakukan konsultasi tanpa perlu ke tempat/perusahaan asuransi. Kita bisa berkonsultasi melalui sambungan telepon dengan tim ahli yang disediakan oleh asuransi lifepal. Tim ahli tersebut akan memberikan saran terbaik untuk menentukan jenis datang asuransi yang kita perlukan.

#asuransi-lifepal #lifepalblogcompetition2021